Terompet Yahudi di Tahun Baru

· · 0 komentar
Hukum Islam Tentang Meniup Terompet di Tahun Baru - Sebagian besar dari umat Muslim turut merayakan dan memperingati tahun baru masehi dengan berbagai macam kegiatan. salah satu ciri dari yang melekat dalam memperingati tahun baru adalah meniup terompet. Banyak yang menganggap meniup terompet ditahun baru adalah hal yang biasa saja. baik disini kami akan menuliskan hukum meniup terompet ketika memperingati perayaan tahun baru menurut ajaran Islam.
Meniup Terompet di Tahun Baru
safitri.info
Dari Abu ‘Umair bin Anas dari bibinya yang termasuk shahabiyah anshar, “Nabi memikirkan bagaimana cara mengumpulkan orang untuk shalat berjamaah. Ada beberapa orang yang memberikan usulan. Yang pertama mengatakan, ‘Kibarkanlah bendera ketika waktu shalat tiba. Jika orang-orang melihat ada bendera yang berkibar maka mereka akan saling memberi tahukan tibanya waktu shalat’. Namun Nabi tidak menyetujuinya. Orang kedua mengusulkan agar memakai terompet. Nabi pun tidak setuju, beliau bersabda, ‘Membunyikan terompet adalah perilaku orang-orang Yahudi.’ Orang ketiga mengusulkan agar memakai lonceng. Nabi berkomentar, ‘Itu adalah perilaku Nasrani.’ Setelah kejadian tersebut, Abdullah bin Zaid bin Abdi Rabbihi pun pulang.” (HR. Abu Daud, no.498 dan Al-Baihaqi, no.1704)

Dari hadist diatas dapat diambil kesimpulan bahwa terompet merupakan benda yang tidak disukai Nabi Muhammad.Saw karena termasuk kebiasaan orang-orang Yahudi. Dan Memperingati tahun baru (Hari raya menambut tahun baru) bukan merupakan kebudayaan Agama Islam. Jadi disini ada dua hal yang dilanggar pertama tentang terompet itu sendiri yang merupakan kebiasaan orang Yahudi dan yang kedua menyambut tahun baru (perayaan tahun baru) merupakan kebiasaan orang-orang diluar Islam.

Sabda Rasulullah SAW: “Siapa yang menyerupai pekerjaan suatu kaum (agama tertentu), maka dia termasuk bagian dari mereka.”

0 komentar:

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan topik
- Tidak diperkenankan promosi
- Komentar Link akan dilaporkan kekantor Lurah terdekat