Doa Pilihan Untuk Orang Sakit Sesuai Hadist Rasul

· · 0 komentar
Sakit adalah suatu hal yang bisa menimpa siapa saja. Didalam Agama Islam kita diajarkan untuk saling peduli, menyayangi saudara, sanak famili, teman, tetangga yang terkena penyakit atau dalam kondisi tertimpa musibah. Salah satu bentuk kepedulian kita yang diajarkan dalam agama Islam adalah mendoakan orang yang sedang mengalami musibah atau sakit supaya segera diberi kesembuhan dan jalan keluar dari musibah yang dialaminya.
Doa Pilihan Untuk Orang Sakit Sesuai Hadist Rasul
www.safitri.info
Disamping seseorang itu dituntut untuk berobat secara medis atau ke dokter, tentu saja do'a juga merupakan hal yang perlu dilakukan, karena yang memberi penyakit dan yang menyembuhkan penyakit adalah Allah, SWT sang pemilik jagat alam raya ini. Seseorang dilarang berputus asa dari penyakit yang dideritanya, setiap penyakit ada obatnya, begitulah ajaran Rasulullah, SAW. Adapun pendapat ada penyakit yang tidak ada obatnya, itu berarti belum ditemukan manusia saja penawarnya. Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda " Setiap Allah memberikan suatu penyakit, pasti Allah memberikan juga obatnya, Yang hanya diketahui oleh orang yang mmengetahuinya, dan diabaikan oleh orang yang tidakk mengetahuinya”

Banyak sekali jenis doa yang bisa dibacakan untuk orang yang sedang sakit agar segera disembuhkan Allah. Do'a-do'a tersebut tentu lebih baik yang telah diajarkan oleh Rasulullah Muhammad, SAW.

Berikut ini dijabarkan do'a-do'a untuk orang sakit ala Rasulullah, SAW.

1. Doa untuk orang yang sedang sakit parah
doa untuk orang sakit parah
Artinya: “Ya Allah hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.”

Do'a diatas untuk orang yang sudah divonis dengan penyakit parah yang sulit disemuhkan secara medis.

2. Do'a dari hadist Bukhari Muslim

Banyak orang yang masih percaya dengan dukun-dukun atau paranormal dalam mengobati suatu penyakit, yaitu dengan membuat tulisan-tulisan yang terkadang sulit dibaca atau dikenal dengan rajah-rajah ditulis dikertas atau kain kemudian ditempelkan dianggota tubuh dan ada juga menyimpannya didalam dompet untuk kesembuhan dari penyakit atau menolak penyakit. Padahal dalam Islam telah diajarkan oleh Rasulullah Do'a yang sesuai syariat untuk kesembuhan dari penyakit. Diantara Diantara doa yang diajarkan Rasul sebagaimana dalam hadist Bukhari Muslim berikut ini :

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mmengusap dengan tangan kanannya dan berdoa”

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA’SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berillah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggallkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Doa untuk orang sakit dari hadist riwayat Abu Dawud, Attirmidzi dan Alhakim

Lafal latinnya : “Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka.”
Artinya : “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau”.

Ibnu Abbas R.A. suatu ketika pernah mendengar Rasulullah, SAW bersabda bahwa barang siapa menjenguk orang yang dalam keadaan sakit sebelum tiba ajal baginya, bacakanlah doa ini sebanyak 7 kali, semoga Allah menyembuhkan orang yang dalam keadaan sakit tersebut dari penyakitnya itu.

Itulah diatara do'a-do'a untuk kesembuhan dari penyakit atau mendoakan orang lain yang sedang ditimpa penyakit sesuai dengan ajaran Islam. 

0 komentar:

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan topik
- Tidak diperkenankan promosi
- Komentar Link akan dilaporkan kekantor Lurah terdekat