Ini Dia Hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw

· · 0 komentar
Makna dan Fadilah Maulid Nabi Muhammad Saw - Tanggal 12 Rabiul Awal selalu bagi umat Muslim diseluruh dunia mengingatkan kita pada masa 14 abad yang lalu yaitu lahirnya Nabi Muhammad Saw yang kemudian membawa pengaruh besar bagi peradaban dunia. Yang diutus oleh Allah memperbaiki akhlaq manusia dan rahmat bagi semesta alam sebagaimana yang diterangkan dalam surat Al Anbiya' ayat 107 "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (QS. Al-Anbiya’ 107)"
Makna dan Fadilah Maulid Nabi Muhammad Saw

Dibawah ini kami paparkan kepada anda hikmah memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw : 

1. Mengingatkan kita untuk melanjutkan Misi Dakwah Rasulullah
Sebelum Rasululah wafat, Rasululah meninggalkan pesan kepada ummatnya sebagaimana yang terdapat dalam hadist riwayat Malik. “Aku tinggalkan pada kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat dengannya, yakni Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya sallallahu alaihi wa sallam” (HR. Malik). Walaupun Rasulullah sudah wafat, agar manusia tidak tersesat maka harus berpegang teguh kepada kitabullah dan sunnah Rasulullah. Menjadikan keduanya sebagai sumber hukum dalam mengarungi kehidupan yang fana ini. 

2. Mengingatkan kita Untuk meneladani Rasulullah
Menanamkan keteladanan kepada Rasulullah Saw mulai dari anak-anak kita, istri kita, orang tua kita, saudara, sanak family, orang kecil hingga dewasa. Karena dengan mensuritauladani Rasulluah Saw akan membawa keselamatan di Dunia dan akhirat. Sebagaimana yagn tertuang pada firman Allah dalam surat Al Ahzab ayat 21 "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab: 21)"  

3. Mendorong untuk selalu bershalawat
Allah dan para malaikatpun bershalawat untuk Nabi. Dengan peringatan maulid ini lebih mensugesti hati kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah Saw agar kelak kita mendapatkan safaat di yaumil mahsyar nantinya. “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya.” (QS Al-Ahzab: 56).

4. Meneguhkan kecintaan kepada Rasulullah 
Sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadist yagn diriwayatkan oleh Bukhari "Tidaklah sempurna iman salah seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orangtua dan anaknya. (HR. Bukhari)." Mencintai Rasulullah harus melebihi dari mencintai yang lainnya seperti kedudukan, anak, istri, harta. Mencintai Rasulllah dengan mengamalkan sunnahnya. Mengaplikasikan segala tindak tanduk yang telah Rasulllah contohkan ketika hidupnya baik dibidang ekonomi, ibadah, sosial, politik, bertetanga,  dan lain sebagainya. 

Dengan peringatan Maulid ini, nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt dan kecintaan kita kepada Rasulullah harus meningkat. 

0 komentar:

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan topik
- Tidak diperkenankan promosi
- Komentar Link akan dilaporkan kekantor Lurah terdekat