Cara Mengembalikan File Terhapus di Laptop

· ·
Trik mengembalikan file yang sudah terhapus di Komputer - File yang terdapat di laptop merupakan aset utama yang perlu disimpan dengan baik. Maka perlu hati-hati ketika menyimpan file file tersebut. Bukan hanya itu, ketika menggunakan beberapa penyimpanan seperti flash disk juga perlu hati hati dengan virus yang dibawanya. Dengan rawannya hal itu Anda perlu memiliki anti virus yang mumpuni.

File yang hilang bukan hanya dapat hilang dengan gangguan virus saja, namun juga bisa hilang karena keteledoran pengguna ketika menghapus file. File yang sudah terhapus secara permanen akan membuat pengguna terasa sayang. Namun tenang saja, sekarang file yang terhapus secara permanen bisa dikembalikan tanpa menggunakan aplikasi. Ada cara mengembalikan file terhapus dari laptop yang bisa Anda ikuti.
tips mengembalikan file terhapus di PC
Pertama tentukan letak folder dari file yang sebelumnya sudah terhapus. Setelah ditentukan, kemudian klik kanan di folder tersebut, kemudian tentukan tanggal pada saat file tersebut tidak sengaja terhapus. Setelah sudah menentukan tanggalnya selanjutnya klik restore maka akan muncul kotak dialog peringatan, klik restore saja. Jika berhasil akan muncul kotak dialog yang menyatakan bahwa pengembalian file tersebut sudah bisa dikembalikan. Lalu klik OK saja dan Anda bisa membuka folder yang tidak sengaja terhapus itu kembali. Cara mengembalikan file terhapus dari laptop ini tidak membutuhkan aplikasi apapun. Cukup mudah bukan?

Untuk menghindari hal-hal semacam itu, sebaiknya atur proses penghapusan file dari laptop itu tidak menggunakan sistem menghapus file secara permanen. Sebaiknya Anda menggunakan ricycle bin untuk menyimpan file-file sementara atau sesampahan. Dalam folder tersebut sudah tidak memakan kuota hardish, sehingga lebih aman jika sewaktu-waktu masih Anda butuhkan. 

Ketika file tersebut ternyata masih dibutuhkan, Anda bisa meng cut nya dan mengembalikannya ke folder D atau dokumen. Aplikasi ini memang diperuntukkan untuk menghindari hal-hal tersebut. Karena mengembalikan file terhapus dari laptop bisa saja tidak berhasil 100% sehingga lebih baik mencegah hal hal itu. Pada jangka waktu beberapa minggu atau bulan Anda bisa mengecek kembali ricycle bin untuk memilih file yang benar-benar perlu dibuang atau tidak.