Apa itu RDP dan Fungsinya Bagaimana? Serta Bagaimana Cara Menggunakannya?

· ·
Fungsi dan kegunaan RDP - Hidup di sekitar teknologi mengharuskan kita untuk lebih cakap lagi terhadap teknologi itu sendiri. Semisalnya komputer, merupakan teknologi yang paling sering kita gunakan. Tapi masih banyak dari kita, tidak mengetahui fitur fitur yang tersedia di komputer sehingga kita belum bisa mengoperasikannya dengan maksimal. Seperti RDP, salah satu fitur yang bisa dinikmati oleh kita tetapi kita belum bisa memahami apa itu RDP dan fungsinya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang RDP.

Mungkin kalian masih belum tahu apa itu RDP dan fungsinya seperti apa. RDP merupakan singkatan dari Remote Dekstop Protocol yang bertugas menjadi protocol jaringan yang digunakan oleh operating system Microsoft Windows terminal service dan remote desktop. RDP itu sendiri dibuat berdasarkan protocol T.120 yang memiliki spesifikasi protocol yang digunakan untuk perangkat lunak konferensi jarak jauh Microsoft net meeting. 

Spesifikasi tersebut telah diumumkan oleh international telecommunication union (ITU). Remote desktop protocol ini memudahkan kita untuk dapat melihat tampilan layar komputer lain yang diremote juga sama seperti komputer aslinya, dan yang paling penting kita dapat melakukan perintah sesuai dengan yang kita butuhkan dan kita mau. Contohnya, komputer 1 dengan komputer 2. Keinginan kita ialah agar komputer 1 bisa melakukan remote desktop oleh pengguna di komputer 2. Artinya komputer 1 dikendalikan oleh pengguna komputer 2.
bagaimana cara menggunakan RDP
Nah, berikut ini ialah cara menggunakan RDP bagi pemula. Pertama klik menu start klik kanan pada my computer kemudian pilih properties. Kemudian pilih tab remote dan aktifkan opsi remote assistance invitations to be sent from this computer. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan opsi allow users to connect remotely to this computer. 

Kemudian pilih ok. Langkah keempat, konfigurasi pada komputer yang akan menjadi guest. Selanjutnya klik start lalu all programs, pilih accessories, communication dan remote desktop connection. Kemudian masukan IP address atau nama personal computer yang akan menjadi host lalu klik connect. Apabila berhasil, nantinya kamu akan dimintai untuk memasukkan user name dan password. Dan sudah selesai, kamu sudah bisa melakukan remote desktop. Semoga kalian sudah mengerti apa itu RDP dan fungsinya serta cara bagaimana menggunakannya ya.